PENERAPAN GERAK LOKOMOTOR DALAM PERMAINAN KECIL

 Hello temen temen, diblog sebelumnya kita udah bahas tentang Apasih gerak Lokomotor dan perbedaannya dengan gerak Non-Lokomotor kan. Nah buat kalian yang belum baca, silakan baca juga di

PERBEDAAN GERAK LOKOMOTOR DAN NON-LOKOMOTOR

Dan kali ini, aku bakal kasih contoh nih buat kalian penerapan gerak Lokomotor di permainan kecil. Sebelumnya mimin kasih pengantar sedikit nih. 

Keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengordinasikan gerak tubuh untuk melakukan perpindahan. Keterampilan lokomotor adalah bagian dari keterampilan motorik kasar yang dikembangkan anak-anak.
 
Balita Anda butuh banyak kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan gerak ini. Permainan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk melatihnya. Ide permainan apa saja yang menarik? Yuk simak aja ulasan berikut ini : 

1. Simon Says

Kamu dapat mengembangkan permainan fisik dengan permainan ini. Beri beberapa arahan seperti, “Simon berkata jalan 3 langkah!” lalu bantu ia menghitung langkahnya. Variasikan dengan gerakan lain seperti “Simon berkata jalan jinjit sampai menyentuh meja.” Anda bisa juga mencoba melatih kemampuan lokomotor lain, seperti berlari atau melompat.

2. Estafet Jarak Pendek

Nah disini kamu bisa mengajak anak kecil pergi ke luar halaman atau ke taman. Ajak ia melakukan estafet jarak pendek. Permainan akan menjadi seru bila dimainkan dengan seluruh keluarga.

3. Main Engklek

Nah kalian pasti ga asing dengan permainan ini bukan. Permainan tradisional ini sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan lokomotor anak dengan melompat, baik satu kaki maupun dengan dua kaki.

4. Sepak Bola

Permainan yang satu ini adalah permainan yang sudah sangattt familiar buta kita semua. Permainan ini bisa dilakukan di usia 3 tahun. Si kecil bisa melakukan berbagai gerakan mulai dari berjalan, galloping, dan juga melompat.


Itu tadi adalah conton penerapan gerak Lokomotor untuk permainan kecil. Itu sangat cocok untuk anak TK, SD, maupun yang sudah besar. 

Semoga bermanfaat buat kalian yang.

THANK U

Komentar