APA ITU GERAK MANIPULATIF ??

 

Halo Temen Temen

Blog kali ini, aku bakal jelasin ke kalian tentang tema yang sama kok. Yaitu tentang Gerak Dasar. Yaps, Gerak dasar adalah suatu pola gerakan yang mendasari suatu gerakan mulai dari kemampuan gerak yang sederhana hingga kemampuan gerak yang kompleks. Gerak dasar ini dibagi menjadi 3 temen temen. Yaitu gerak Lokomotor, Non-Lokomotor, dan Manipulatif. Nah, di blog aku yang sebelumya aku udah jelasin tentang Gerak Lokomotor dan juga Gerak Non-Lokomotor.

Baca juga : Perbedaan Gerak Lokomotor dan Gerak Non-Lokomotor

Jadi kali ini aku bakal jelasin Gerak dasar yang ketiga, yaitu Gerak Manipulatif. Kalian pasti asing kan dengan kalimat itu. Tenang kok, aku bakal jelasin apa itu Gerak Manipulatif buat kalian. 

Gerak Manipulatif adalah gerak dasar yang membutuhkan objek. Contohnya itu sepak bola, tennis, batminton, dan lain sebagainya. 

Gerak Manipulatif ini dikelompokkan menjadi  5 macam. Apa aja itu ? 

1. MELEMPAR

Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks di mana satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu.

2. MENANGKAP

Nah kebalikan dari Melempar nih, yaitu menangkap. Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan.

3. MENENDANG

Menendang adalah suatu pola keterampilan manipulatif yang menggunakan kaki untuk memukul suatu benda. Biasanya bisa kalian lihat saat menonton sepak bola nih.

4. MENGGIRING

Menggiring (bola) adalah keterampilan manipulatif khusus yang berkaitan dengan kegiatan menggerakkan suatu benda (bola) dengan pengontrolan dan penguasaan yang terus menerus.

5, MEMUKUL

Nah ini biasanya menggunakan raket. contohnya batminton,dll.


Sekarang kalian udah tau kan apa itu gerak manipulatif. Pasti kalian sekarang sedang ber"O"ria kan ? wkwkwk

Cukup segitu penjelasan dari aku, semoga bermanfaat bagi kalin dan menambah wawasan kalian. 

sekian dan THANK U

Komentar