5 CARA MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF

                       

Sebagian besar orang pasti pernah merasakan depresi, yaitu perasaan putus asa, marah, menderita, merasa nggak bahagia, lelah, merasa gagal, sedih, semua jadi satu. Depresi adalah reaksi normal, ketika kita merasa kecewa dalam hidup yang mengarah pada timbulnya pikiran negatif. Pikiran negatif akan membuat kita percaya kalau masalah itu ada, padahal tidak. Pikiran negatif akan menghentikan langkah kita untuk maju. Jika kamu merasa itu sekarang, segera hentikan itu. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif?

Pikiran negatif biasanya datang dari pengalaman pahit dalam hidup yang akhirnya membuat kita berpikir, "malangnya aku?", "gimana hal kek gini terjadi padaku?" "Mengapa Tuhan memberi cobaan berat seperti ini?". Dan masih banyak lagi keluh kesah kita, dan ujung ujungnya ngasihani diri kita sendiri. Bahkan yang udah puarah banget malah bisa bikin kita lupa diri dan khilaf.

Apakah kamu nggak bosan sama pikiran negatif yang ada di kepala sepanjang hari? Nahhh nih mimin kasih tau caranya, biar pikiran2 negatif kamu langsung bablas wkwkwk:v

1. BERGAUL atau BERTEMAN sama orang yang berpikir POSITIF

Bergaul sama temen-temen yang punya pikiran positif bakal mudahin kita dalam menghilangkan pikiran negatif. Menurut penelitian, mahasiswa lebih cenderung meniru perilaku negatif teman sekamar mereka, seperti rasa khawatir yang berlebihan dan terlalu serius menghadapi segala sesuatu. Ini disebut ruminasi.

Maka dari itu, pilihlah teman yang tepat dalam pergaulan dan sebisa mungkin menjauh dari perilaku negatif dari temen biar membantu kamu menjauhi pikiran negatif.

Hang out sama teman yang selalu berpikir positif secara tidak langsung membawa energi optimis mereka pada kamu. Jadi, selektif memilih teman itu perlu, pilihlah teman yang mendatangkan kebaikan bagi kamu. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan pikiran negatif.

2. BUANG pikiran negatif ke tong sampah

Menurut sebuah studi pada tahun 2012 di Ohio State University, menuliskan pikiran negatif di selembar kertas dan membuangnya ke tempat sampah efektif untuk menghilangkan pikiran negatif. Ini mungkin akan terdengar konyol bahkan tak masuk akal, tapi percaya atau tidak sebuah universitas di Amerika telah melakukan penelitian mengenai hal ini. Tidak ada salahnya mencoba kan?

3. ALIHKAN pikiran ke hal yang POSITIF

Ketika perasaan sudah mulai mengarah kepada pikiran negatif, memang sulit untuk menghilangkannya, tapi berusahalah alihkan ke pikiran yang positif. Contohnya, saat pikiran positif akan menyerang pikiranmu, langsung aja kamu ambil gitar,dah tu nyanyilah kamu sepuasnya. Pokoknya langsung alihkan ke kegiatan yang kamu sukai(dalam hal ini,hobi yang positif ya kawan:))

4. Buat buku Diary

Buat catatan jurnal atau buku harian. Tuliskan pikiran negatif yang sering menghantui kamu, curhatin semua yang kamu rasakan disana,gimana reaksi kamu terhadapnya dan apa yang kamu lakukan. Dengan menulis beberapa pikiran negatif ini dapat membantu kamu mengidentifikasi pemicunya dan setidaknya melegakan.

5. JUJUR pada DIRI KAMU SENDIRI

Nahh ini cara yang terakhir,yaitu jujur sama diri sendiri/sadar. Berdasarkan sebuah penelitian, mengakui pikiran negatif lebih efektif daripada melawannya. Jika kamu bilang "aku udah ngga pernah mikirin dia", kenyataannya kamu hanya akan memikirkan orang itu lebih sering lagi. Maka mengaku kepada diri sendiri bahwa kamu memiliki pikiran negatif akan membantu kamu menyadari bahwa ini hanyalah pikiran, bukan fakta.


saya rasa cukup. Thank u 💗😉

Komentar